SILABUS
Nama Sekolah : MTs Negeri Batam
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/ semester : VII/ganjil
Standar kompetensi : Bilangan: Memahami dan dapat melakukan operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi
Waktu
Sumber/
alat
Penilaian
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
1.1. Melakukan operasi bilangan bulat dan pecahan
1.2. Menggunakan sifat-sifat bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Bilangan Bulat
- Besaran yang menggunakan bilangan bulat
- Letak bilangan bulat pada garis bilangan
- Penghitungan bilangan bulat dalam suatu operasi campuran
· Menyebutkan beberapa bilangan bulat
· Mengidentifikasi besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat
· Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pada garis bilangan
· Memberikan contoh bilangan bulat
· Menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat negatif
· Menentukan letak bilangan bulat
· Menyelesaikan + , - , x , : dan pangkat bilangan.
· Menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat
2 x 40’
2 x 40’
- Buku teks siswa
- termo meter
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
1. Sebutkan/ tulis anggota bilangan bulat.
2. Apakah arti -25° ; 30°?
3. Isikan lambang > ; <
a. -8 …..-2
b. -4 ….-10
4. Tentukan dengan garis bilangan
a. -4 + 2 =
b. 7 – 4 =
c. -5 – (-6) =
5.a. 23 x (-13) =
b. 180 : (-6) =
c. 80 x (24 – 9)
Mengetahui, Batam, 2007
Kepala MTs N Batam Guru Mata Pelajaran
Drs. J U R E M I
NIP.150280884
SILABUS
Nama Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
KelasSemester : VII/1
Standar Kompetensi : Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajarab
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
1.1 Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Permainan Sepakbola
· Menendang bola dengan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki, secara berpasangan berkelompok dengan jarak + 6 - 7 m
· Melakukan koordinasi gerakan dengan teman satu tim
· Bermain sepakbola menggunakan 3-4 gawang kecil pada ukuran lapangan basket/voli dengan jumlah pemain 6 - 8 regu perkelompok
· Menendang dan menghentikan bola dengan kontrol yang baik
· Mengkoordinasikan gerakan dengan teman satu tim
· Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi
· Tes (Praktek)
· Non Tes (pengamatan)
12 x 40
menit
· Media cetak
· Media
· elektronik
· Lingkungan
· Bola kaki
· Tiang pancang
Mengetahui, Batam, 2007
Kepala MTs N Batam Guru Mata Pelajaran
Drs. J U R E M I
NIP.150280884
Silabus
Nama Sekolah : MTs Negeri Batam
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Tujuan: Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam bahasa Inggris dalam wacana transaksional dan interpersonal dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan lingkungan terdekat siswa.
Tema
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar
Sub-Tema
Indikator
Kegiatan Pembeelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/Bahan/Alat
My Family
Listening-Speaking
Siswa dapat berinteraksi secara interpersonal sangat sederhana dengan lingkungan terdekat, terutama dalam
- Perkenalan diri/orang lain
- sapaan
- ucapan terima kasih
- permintaan maaf
Family life
Siswa terbiasa menyapa orang lain dengan ungkapan yang benar dalam bahasa Inggris sesuai dengan waktu dan orang yang diajak bicara.
Siswa membiasakan diri untuk berinteraksi dalam hal perkenalan, sapaan, ucapan terima kasih dan permintaan maaf dalam konteks kehidupan nyata, terutama di lingkungan sekolah, dengan guru dan teman.
Penilaian otentik dengan unjuk kerja (performance)
10 jam pelajaran (belum termasuk untuk terstruktur dan mandiri)
Contoh-contoh teks yang sesuai (lisan dan tulis), termasuk yang diucapkan oleh guru secara rutin atau yang diambil dari buku teks atau seumber-sumber lain.
Identity
Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga inti dan terdekat.
Orang, dan alat bantu belajar yang sesuai yang terdapat di lingkungan hidup siswa (termasuk di rumahnya). Jika ada, tayangan atau rekaman elektronik di TV, kaset, audio/visual, dsb.
Mengetahui Batam, 2007
Kepala MTs N Batam Guru Mata Pelajaran
Drs. J U R E M I
NIP.150280884
SILABUS
Nama Sekolah : MTs Negeri Batam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas Semester : VII / I
Standar Kompetensi : Mempraktekkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/
Alat
1.1 Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Permainan Sepakbola
· Menendang bola dengan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki, secara berpasangan berkelompok dengan jarak + 6 - 7 m
· Melakukan koordinasi gerakan dengan teman satu tim
· Bermain sepakbola menggunakan 3-4 gawang kecil pada ukuran lapangan basket/voli dengan jumlah pemain 6 - 8 regu perkelompok
· Menendang dan menghentikan bola dengan kontrol yang baik
· Mengkoordinasikan gerakan dengan teman satu tim
· Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi
· Tes (Praktek)
· Non Tes (pengamatan)
12 x 40
menit
· Media cetak
· Media
· elektronik
· Lingkungan
· Bola kaki
· Tiang pancang
Mengetahui, Batam, 2007
Kepala MTs N Batam Guru Mata Pelajaran
Drs. J U R E M I
NIP.150280884
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN : Sekolah Menengah Pertama
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
KELAS : VII/1
TAHUN PELAJARAN : 2006/2007
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber/
alat belajar
Penilaian
Jenis tagihan
Teknik
Bentuk instrumen
Soal
1.3
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
§Melakukan pengu-kuran massa,
§panjang, waktu, de-ngan menggunakan alat ukur yang sesuai.
§Memperhatikan keselamatan kerja dalam pengukuran
Pengukuran
§ Mengukur panjang meja dengan menggunakan mistar.
§ Mengukur massa buku dengan menggunakan neraca.
§ Mengukur lamanya waktu berlari sejauh 20 m.
§ Mengukur diameter lubang pipa dengan menggunakan jangka sorong
3 x 40’
§ Buku paket fisika kelas VII
§ Laboratorium
§ Pesona fisika
- non tes
- tes
Praktikum
Kuis
- Laporan hasil praktik
- Soal kuis
(terlampir)
Mengetahui, Batam, 2007
Kepala MTs N Batam Guru Mata Pelajaran
Drs. J U R E M I
NIP.150280884
SILABUS
Nama Sekolah : MTs Negeri Batam
Mata Pelajaran : Seni dan Budaya
Kelas/Semester : VII/I
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri Melalui Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
2.1 Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
Hasil gambar bentuk 3 dimensi
- Menyiapkan alat dan bahan berkarya seni rupa 3 dimensi
Membuat daftar kebutuhan alat dan bahan
Tes penugasan
2 x 45
- Buku seni rupa yang terkait
- Membuat sketsa gambar bentuk 3 dimensi yang dipilih
Membuat sketsa
- Contoh-contoh gambar bentuk
- Menebalkan memperjelas sketsa
Menggambar bentuk sesuai dengan objek yang dipilih
- Alat bahan
- Membuat bayangan gambar bentuk
- Radio tape dan kaset
Mengetahui, Batam, 2007
Kepala MTs N Batam Guru Mata Pelajaran
Drs. J U R E M I
NIP.150280884
Rabu, 28 Mei 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar